Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) FMIPA UNTAN

Sejarah Terbentuknya HMIK FMIPA UNTAN

Mahasiswa Jurusan/Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura tahun 2013 merupakan mahasiswa angkatan pertama (Angkatan 1). Pada saat itu Jurusan ilmu Kelautan belum mempunyai naungan yang mewadahi untuk melakukan kegiatan. Angkatan 1 dipersiapkan untuk membentuk suatu himpunan melalui pengkaderan dibawah Himpunan Mahasiswa Fisika. Namun tidak berjalan dengan baik.

Tahun 2014 melalui sekretaris Jurusan Ilmu Kelautan Bapak Apriansyah, S.Si.,M.Si berusaha kembali membangkitkan semangat mahasiswa untuk membentuk suatu himpunan dengan melakukan konsulidasi kepada pihak BEM FMIPA Untan untuk melakukan pengkaderan kembali kepada mahasiswa ilmu kelautan. Hal tersebut ditanggapi pengurus BEM FMIPA Kabinet Harmoni dengan membentuk kepanitian yang berasal dari seluruh himpunan dilingkungan FMIPA Untan yang diketuai oleh saudara Radika dari Jurusan Fisika dan berada dibawah koordinator kementerian PSDMO BEM. Pengkaderan tersebut hingga kini dikenal dengan nama singkatan OMBAK (Orientasi Mahasiswa Baru Ilmu Kelautan).  Kemudian mahasiswa ilmu kelautan 2013-2014 dikader selama 1 tahun, dapatlah 21 mahasiswa ilmu kelautan yang lulus pengkaderan. Namun dikatakan bahwa jumlah tersebut masih belum ideal untuk membentuk suatu himpunan. Akhirnya disepakati pembentukan himpunan ditunda hingga tahun berikutnya.

Pada tahun 2015 lahirlah kader baru yang menambah jumlah mahasiswa ilmu kelautan, dimana kader-kader tersebut juga melewati serangkaian kegiatan pengkaderan dan meluluskan 18 orang mahasiswa ilmu kelautan tahun 2015. Yakin dengan jumlah yang telah bertambah maka diadakan MUBIK (Musyawarah Besar Ilmu Kelautan) di tahun 2016, musyawarah ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 15 sampai 17 Juli 2016. Mubik berakhir dengan telah terbentuknya Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan periode 1 yang diketuai oleh saudara. Nama himpunan ini diberi panggilan dengan nama HMIK yaitu singkatan dari Himpunam Mahasiswa Ilmu Kelautan.

Profil HMIK FMIPA UNTAN

Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) FMIPA UNTAN adalah suatu lembaga yang dibentuk sebagai wadah aspirasi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan ilmu kelautan FMIPA Untan.

Visi HMIK FMIPA UNTAN adalah:

Membentuk mahasiswa ilmu kelautan FMIPA UNTAN menjadi mahasiswa yang berakhlak mulia, berjiwa sosial, berjiwa kreatif dan berprestasi.

Misi HMIK FMIPA UNTAN adalah:

  1. Untuk membentuk mahasiswa ilmu kelautan menjadi mahasiswa yang memiliki akhlak mulia.
  2. Mahasiswa ilmu kelautan bisa menjadi mahasiswa yang kreatif untuk membangun ilmu kelautan.
  3. Mahasiswa ilmu kelautan mampu bersaing untuk mendapatkan prestasi baik pada akademik maupun non akademik.

HMIK FMIPA UNTAN ini memilki divisi yang menjalankan aspirasi mahasiswa, terbagi dalam 4 bagian divisi yaitu :

  1. Divisi Akademik
  2. Divisi Minat dan Bakat
  3. Divisi Infokom
  4. Divisi PSDM

Logo HMIK FMIPA UNTAN

LOGO HMIK FMIPA UNTAN
LOGO HMIK FMIPA UNTAN

Lambang HMIK seperti terdapat dalam gambar diatas ini memiliki arti sebagai berikut :

  1. Lingkaran luar dengan 4 segitiga kecil bermakna bahwa mahasiswa ilmu kelautan memiliki kepribadian yang tangguh dan bertanggungjawab.
  2. Lingkaran bagian dalam bermakna bahwa mahasiswa ilmu kelautan diikat dalam suatu wadah yaitu Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK).
  3. Lamun berwarna hijau melambangkan kekayaan sumberdaya hayati biota laut indonesia.
  4. Laut berwarna biru dengan membentuk gelombang melambangkan harapan agar seluruh mahasiswa ilmu kelautan dapat memanfaatkan sumberdaya hayati yang ada di indonesia khususnya kalimantan barat.
  5. Garis equator berwarna merah yang melintang menunjukan bahwa Himpunan Mahasiswa ilmu kelautan berada di wilayah pontianak kalimantan barat.
  6. Jangkar Melambangkan semangat mahasiswa ilmu kelautan.
  7. Tali yang mengikat pada jangkar melambangkan kuatnya ikatan kekeluargaan dan rasa memiliki antar mahasiswa ilmu kelautan.
  8. Kemudi kapal melambangkan himpunan mahasiswa ilmu kelautan berjalan sesuai dengan haluan visi dan misi serta tujuan dari dibentuknya HMIK.
  9. Warna orange melambangkan pola pikir mahasiswa ilmu kelautan untuk lebih kreatif dan inovatif dari semua bidang ilmu kelautan.
  10. Warna kuning pada kemudi melambangkan bahwa himpunan mahasiswa ilmu kelautan barada dinaungan FMIPA.
  11. Warna biru donker melambangkan corak dari almamater Universitas Tanjungpura.