ORIENTASI MAHASISWA BARU KELAUTAN – “Potensi dan Motivasi Diri”

Published by Ikha Safitri on

Dalam rangka kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru, pada tanggal 16 Fabruari 2019, Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) mengadakan kegiatan OMBAK di gedung Anex. Salah satu dosen di Jurusan Ilmu Kelautan, Ikha Safitri, S.Pi., M.Si. hadir sebagai salah satu pemateri tentang “Potensi dan Motivasi Diri ”.

Presentasi diawali dengan menyampaikan pengalaman studi pemateri sebagai penerima beasiswa BPPDN (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri), BPPLN DDIP (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri, Double Degree Indonesia Prancis), dan juga beasiswa dari Pemerintah Prancis BGF (Bourse Gouvernement Français). Selain itu, pemateri juga menceritakan pengalaman kegiatan penelitian selama di Laboratoire MMS (Mer, Molécule, Santé) Le Mans Université dan Laboratoire GEPEA (GEnie des Procédés Environnement – Agroalimentaire) Université de Nantes, Prancis. Hal ini dimaksudkan untuk mengajak audience berani bermimpi. “Bermimpilah setinggi langit .. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang” – Ir. Soekarno.

Selanjutnya, materi inti mengenai bagaimana cara identifikasi potensi diri. Everyone has unique dreams, goals, and aspirations. Setidaknya ada enam cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui potensi diri :

  1. Get to know ourselves
  2. Find out what we really love to do in life
  3. Set goals
  4. Make a list of achievements
  5. Never compare ourselves to others
  6. Make it HAPPEN

Pada sesi diskusi, audience sangat antusias bertanya bagaimana caranya menjaga semangat belajar, mengembangkan potensi yang ada, serta bagaimana kita dapat berkiprah di kancah nasional dan internasional.

Segala pencapaian diawali dengan niat. Selanjutnya diperlukan usaha pada setiap proses yang dilewati, meskipun terkadang kita harus jatuh berkali-kali. Kita belajar bagaimana caranya bangkit setiap kali kita terjatuh, yakin bahwa tidak ada usaha yang sia-sia untuk mencapai sebuah hasil. Setelah itu, berpasrah pada Tuhan Yang Maha Esa dengan segala rencana terbaik-Nya.

Selamat berjuang, bon courage et bonne chance. I wish you every success ! (Ikha)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *